Sabtu, 21 Mei 2011

Dishub Akan Tegur Perusahaan Telekomunikasi

DUMAI (VOKAL) - Dinas Perhubungan (Dishub) Dumai, Riau, akan menegur sejumlah perusahaan telekomunikasi seluler di kota Dumai karena lampu menara telekomunikasi milik mereka padam dan dapat mengganggu aktifitas penerbangan.

Kepala Bidang Udara Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai Irvan di Dumai, Jumat mengutarakan, "Perusahaan pemilik 'tower' yang terbukti lampunya padam pada malam hari akan kita tegur dan meminta mereka segera memperbaikinya," katanya..

Teguran itu, kata Irvan, merupakan sebuah upaya untuk mencegah kemungkinan terburuk terhadap aktivitas penerbangan akibat rusaknya lampu pada menara di atas ketinggian tertentu."Sebuah menara telekomunikasi yang memiliki ketinggian di atas 40 meter diwajibkan untuk memasang lampu tepat di puncak menara terutama pada radius 15 kilometer dari Bandara Pinang Kampai," jelasnya.

Pada radius di bawah 15 kilometer mengarah bandara, menurut Irvan, keberadaan menara yang tidak memiliki lampu puncak dapat menyebabkan kecelakaan udara terlebih ketika cuaca buruk pada malam hari."Untuk menghindari hal seperti itu, kita di Dishub memiliki kewajiban untuk memberikan terguran bagi setiap perusahaan pemilik tower yang terpantau lampu menaranya rusak atau padam pada malam hari,"jelas Irvan.

Tambahnya, saat ini di Kota Dumai terdapat sedikitnya 30 menara milik sejumlah perusahaan telekomunikasi seperti Telkomsel, Indosat dan lainnya, dengan ketinggian rata-rata di atas 40 meter. Beberapa di antara menara tersebut, kata Irvan, berada pada zona bahaya atau berada pada jarak di bawah 15 kilometer arah bandara."Pada zona ini, kita terus melakukan pemantauan secara rutin terhadap menara-menara yang tertanam di sekitarnya," katanya.

Irvan berjanji akan segera menerjunkan personelnya guna memantau sejumlah lampu tower yang dikabarkan mengalami kerusakan. "Jika benar, kita akan segera menyurati perusahaan pemilik tower tersebut untuk segera memperbaiki lampu menaranya," imbuhnya.(egy/ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar