Selasa, 05 Juli 2011

DUMAI Masih Terselimuti Kabut Asap



>> Pasca di Landa Hujan dan Angin Kencang

DUMAI (VOKAL) – Meski hujan dan angin kencang yeng megguyur kota Dumai senin (4/7) malam hari kemarin belum dapat menghilangkan kabut asap yang selama seminggu belakangan telah menyelimuti kota Dumai.

Hal itu di akibatkan kebakaran yang masih terjadi di sebagian wilayah kota Dumain diantaranya Kecamatan Medang kampai, dan Kecamatan Sungai Sembilan.

Meski Hujan Mengguyur kota Dumai namun lokasi dimana kebakaran Hutan dan Lahan (HUTLAH) yang berada di kawasan Dumai belum tersirami air hujan, hal itu menjadi pemicu kota Dumai masih selalu di selimuti kabut asap.

”memang tadi sekitar jam 06.00 WIB dinini terjadi gerimis namun tidak lama hanya beberapa menit, dan itu tidak mempengaruhi api yang masih melalap luas lahan yang sudah kering akibat kemarau tersebut,”kata Hamzah, Kepala Regu pemadam (REGDAM) kecamatan Medang Kampai yang berada di lokasi kebakaran di kawasan Medang Kampai, kepada Vokal selasa (5/7).

Selain itu kata Hamzah, titik api terus bertambah karena barusaja di sekitar lokasi kebakaran yang selama seminggu ini masih menyala, kembali di temukan titik api baru dengan asap yang menggumpal ke langit.

Menurut beberapa keterangan anggota Regdam di lokasi mereka melihat sekitar delapan orang yang melakukan pembakaran lahan, namun saat di tanyai mereka mengaku di perintahkan oleh pemilik lahan.

”kami melihat mereka membakar beberapa titik di kawasan lopkasi kebakaran itu, dan kami tanyakan mengepa mereka membakar lahan mereka mengaku menuruti perintah pemilik lahan, karena pemilik lahan ingin membuka perkebunan sawit.”kata Seno, salah seorang anggota Regdam yang mengaku melihat pembakar lahan tersebut, kepada Vokal di lokasi kebakaran, selasa (5/7).

Akibat masih banyak nya asap yang di keluarkan dari pembakaran lahan tersebut mengakibat kan kota Dumai masih diselimuti kabut asap tipis meski semalaman telah di guyur hujan dan angin kencang.

Dari pentauan Vokal di kawasan kota Dumai, kabut asap mulai jelas terlihat sekitar pukul 01.00 dini hari kamerin dan menjelang pagi hari hingga muncul matahari kabut asap masih terus menyelimuti Dumai.(egy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar