Senin, 04 Juli 2011

Sektor Pariwisata Perlu Ditingkatkan

>> Harnus dan PON 2012 Jadi Moment Untuk Perkenalkan Perwisataan

DUMAI (VOKAL) – Berkurangnya minat masyarakat terhadap tempat wisata yang ada harus segera disikapi oleh pemerintah kota Dumai, dengan melengkapi infrastruktur pariwisata, sehingga peningkatan tersebut bisa dimanfaatkan optimal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan memajukan

Hal itu terbukti dengan kondisi tempat lokasi wisata yang sunyi pada saat liburan panjang seperti saat sekarang ini..

“Pembangunan pariwisata merupakan kegiatan dan usaha yang terkoordinasi untuk menarik wisatawan, menyediakan semua prasarana dan sarana serta fasilitas yang diperlukan dalam melayani permintaan wisatawan. Pertumbuhan dan perkembangan pariwisata di kota Dumai khususnya dewasa ini mengindikasikan bahwa pariwisata telah menjadi sektor ekonomi utama tidak saja di kota Dumai hal yang sama juga terjadi di beberapa wilayah kabupaten kota yang ada di provinsi Riau.”kata Kepala Dinas Pariwisata kota Dumai, Eldar Afinta. Kepada Vokal Senin (4/7).

Selain itu kata ,Eldar, Perkembangan kepariwisataan di Dumai menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hal ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara yang berkunjung, terutama saat diadakan nya iven- ivent tertentu. namun ini semua tergantung dengan kondisi di suatu daerah, semakin kondusif suatu daerah maka kemungkinan wisatawan untuk mengunjungi daerah tersebut akan semakin tinggi, namun sebaliknya jika kondisi daerah tidak kondusif maka wisatawan akan enggan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

“Tujuan utama pengembangan industri pariwisata adalah untuk memacu lajunya pertumbuhan ekonomi daerah, karena pariwisata tidak berdiri sendiri. Pengembangan pariwisata akan membuka berbagai lapangan kerja dan mempercepat peredaran uang disuatu wilayah. Mengingat kota Dumai yang berhadapan langsung dengan dua negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapore , dan itu sangat memberikan peluang yang sangat menjanjikan untuk sektor pariwisata.”kata Eldar.

Menurut Eldar, dalam pembangunan perekonomian, kepariwisataan dapat diharapkan memegang peranan yang menentukan dan dapat dijadikan katalisator untuk mengembangkan pembangunan sektor-sektor lain secara bertahap. Tidak hanya perusahaan-perusahaan yang dapat menyediakan kamar untuk menginap (hotel), makanan dan minuman (bar dan restoran), perencana perjalanan wisata, agen perjalanan, industri kerajinan, pramuwisata, tenaga terampil akan tetapi juga prasarana ekonomi, seperti jalan raya, jembatan, terminal, pelabuhan dan lapangan udara. Disamping itu dibutuhkan juga prasarana pembangkit listrik, fasilitas olah raga dan rekreasi dan banyak sektor perekonomian lainnya.

“Berbagai upaya untuk mengatasi persoalan diatas sudah mulai di rencanakan dan sudah diprogramkan untuk 2012 nanti mudah-mudahan semua bisa tercapai.”tuturnya.

untuk menarik jumlah wisatawan ke daerah ini belum optimal. Mengingat Harnus dan PON 2012 nantinya bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menarik wisatawan lebih banyak datang ke kota Dumai.

“ada beberapa perencanaan nantinya ketika perayaan Harnus dan PON 2012, kita berencama mengambil moment tersebut untuk memperkenalkan sektor pariwisata di kota Dumai saat ini, meskipun dalam kondisi yang masih butuh perhatian penuh seperti saat ini,”jelas Eldar.(egy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar