Kamis, 18 Agustus 2011

Perhatikan Keamanan Rumah Ketika Mudik

>> Tingkatkan Kewaspadaan Selama Berpergian
DUMAI (VOKAL) -
Jelang Lebaran, pencurian semakin marak. Padahal kepolisian sudah mengantisipasi dengan meningkatkan kesiagaannya di sejumlah tempat rawan. Namun, dorongan ekonomi yang cukup besar membuat pelaku nekat untuk melakukan apa saja, termasuk membongkar rumah warga ketika ditinggal mudik oleh pemilik rumah.

"demi menjalankan aksinya dan mendapatkan apa yang mereka inginkan, Mereka tidak segan-segan untuk memanfaatkan sejumlah peluang. Sepertinya para pemilik kendaraan mesti lebih waspada, kalau tidak mau menjadi korban pencurian, perampokan dan di sebalik itu juga agar tidak mengundang niat dari pelaku kejahatan."kata Kapolres Dumai AKBP Rudi Abdi Kasenda ketika di konfirmasi Vokal jumat(19/8) melalui Kasubag Humas Polres Dumai AKP Suwarji AK, yang di temui di ruangannya.

Oleh Karena itu kata Suwarji, bagi Anda yang ingin mudik ada baiknya tetap memperhatikan keamanan rumah dan lingkungan. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda:

1. Persiapkan dari awal apa aja yang mau di bawa pulang atau mudik. Biar nanti tidak tergesa-gesa. Bawa saja barang yang sekiranya itu penting dan berguna.

2. Cabut kabel listrik! Ini biar enggak terjadi korslet dari peralatan elektronik kita seperti televisi, audio set, setrika dll

3. Kompor...Pastikan benar-benar mati dan cabut regulator dari tabung gasnya.

4. Nah ini yang paling penting!!! Yaitu jangan sampai kita lupa untuk memeriksa apa Rumah/kos kita udah dikunci belum pintunya??

5. Kalau sudah yakin sudah mengunci seluruh pintu rumah, jangan segan-segan menitip rumah kepada tetangga/saudara/keamanan komplek/orang yang kita percaya untuk menetap di rumah kita selama mudik.

6. Biar maling ketipu, taruh sandal-sandal di depan pintu rumah, seakan banyak orang di rumah.

7. Bilang sama agen majalah/koran jangan kirim selama mudik.

8. Nah yang tak kalah penting, titip barang berharga sama saudara atau orang dekat, seperti perhiasan dan surat-surat penting.

selain tips di atas Suwardji juga menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan sejak dini, terutama khususnya menjelang sahur dan pada waktu shalat tarawih di masjid.

"pada umumnya setiap mendekati jam sahur itu masih terdapat aktifitas masyarakat sehingga ketika kewaspadaan itu tidak di tingkatkan maka nantinya akan mengundang niat pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya."jelasnya.

selain itu himbauan juga ketika meninggalkan rumah saat pergi shalat tarawih, tingginya kebutuhan ekonomi jelang lebaran mengakibatkan orang akan nekat berbuat apa saja demi mendapatkan rezeki yang lebih apalagi menjelang hari lebaran yang hanya tinggal sepekan lagi.

"ketika meninggalkan rumah saat shalat tarawih juga hendaknya dititipkan ke tetangga atau di kunci dengan rapat-rapat serta kalau dapat berikan kunci duble agar menyulitkan para pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya."tutur Suwardji.

Selain hal tersebut Pinta Suwardji, perlujuga diperhatikan kendaraan yang kita gunakan saat di parkir hendaknya lebih meningkatkan pengamanan dengan memberikan kunci ganda agar para pelaku kejahatan tidak mudah untuk menjalankan aksinya.

sementara dari data kepolisian menjelang lebaran tahun ini belum terjadi peningkatan terhadap pelaku kejahatan namun terlepas dari pada itu kewaspadaan tetap selalu di galakkan agar tidak menjadi korban oleh pelaku kejahatan yang selalu menjadikan tergetnya khusus kaum wanita.(egy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar