Selasa, 24 Mei 2011

Penembahan PLTU Tidak dapat Menjamin Pemadaman Listrik

Foto: PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)
Pemadaman Diakibatkan Gangguan Sistem Pada Pembangkit
DUMAI (VOKAL)
– Rencana PLN Persero akan membangun Pembangkit listrik Tenaga Uap (PLTU) di wilayah Dumai, berkapasitas 3x65 megawatt, tidak dapat menjamin untuk tidak terjadi pemadaman listrik secara mendadak.

Pemadaman listri tersebut terjadi akibat gangguan material yang di sebabkan beberapa hal seperti gangguan yang di akibatkan material pembangkit tertimpa pohon, akibat cuaca seperti angina dan hal lainnya yang dapat mengganggu kinerja dari material tersebut,”kata, Hendri, Meneger PLN cabang Dumai kepada Vokal selasa (24/5).

Menurut hendri pemadaman yang selama ini terjadi kebanyakan karena Manuver yaitu pemindahan daya akibat gangguan pada system pembangkit, dan akibat gangguan tersebut dilakukan lah maneuver agar pemadaman tidak berlangsung lama,”katanya.

Pemadaman yang terjadi beberapa waktu yang lalu reta-rata berlangsung 5 hingga 10 menit karena pihak PLN harus melakukan manuver akibat terjadinya berbagai gangguan yang terjadi pada material pembangkit.

Selain itu kata Hendri, penambahan PLTU di wilayah kota Dumai ini nantinya untuk membenahi ketersediaan energi listrik di Riau yang belum memadai. Pembangunan tersebut untuk menunjang rencana pemerintah yang menetapkan Dumai sebagai kawasan industri di Sumatera.”jelasnya.

“Namun kita belum bisa memastikan target pembangunan pembangkit litrik tersebut. Pastinya, pembangunan PLTU itu masuk dalam rencana jangka panjang PLN untuk proyek pembangunan pembangkit listrik di wilayah Sumatera," ujarnya.(egy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar