Senin, 13 Juni 2011

Pembunuh Lilis dan Tianova di Ringkus di Sumedang

DUMAI - Kepolisian Resor (Polres) Kota Dumai, Provinsi Riau, berhasil meringkus pelaku pembunuhan ibu dan anak, warga Jalan S Saleh II, Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai, Provinsi Riau, di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Kepala Polisi Sektor Dumai Barat Ajun Komisaris Polisi Besus Agung Susilo kepada wartawan di Dumai, Senin(13/6), mengatakan, pelaku tunggal pembunuhan seorang ibu bernama Lilis Suryani (45) dan anaknya Tianova Risayulbi alias Nova (16) berhasil diringkus pada Minggu (12/6) sekitar pukul 23.00 WIB di Sumedang."Pelaku saat kita ringkus sedang berada di rumah salah seorang saudaranya yang ada di Sumedang. Belum bisa kita inisialkan nama pelaku, yang jelas dia seorang laki-laki berusia sekitar 35 tahun," kata Kapolsek.

AKP Besus mengatakan, sebelum tertangkap di Sumedang, pelacakan pelaku cukup sulit. Berawal dari keterangan sejumlah saksi baik dari tetangga korban dan sanak famili pelaku beserta korban, kata dia, akhirnya pelaku terdeteksi secara jelas. Dari data dan keterangan saksi-saksi itu, katanya, pihak kepolisian kemudian mendapatkan seorang nama yang diindikasi sebagai pelaku tunggal. "Pelacakan pelaku dimulai dari Kota Dumai, kemudian berlanjut ke Pekanbaru. Dari informan kita, diduga pelaku telah lari keluar Provinsi Riau," terangnya.

Dijelaskan, dugaan menguatkan jika pelaku lari ke rumah seorang kerabat di luar Riau dan akhirnya kepolisian mendapati Sumedang sebagai tujuan pelariannya."Kita kemudian berkoordinasi dengan pihak kepolisian di Sumedang. Tim Polres Dumai juga turun bersama sejumlah alat pendeteksi termasuk GPS. Penggunaan GPS sangat membantu karena pada saat diburu, handphone pelaku masih aktif namun berganti-ganti nomor," tuturnya.

Hingga suatu ketika, terang dia, tepatnya Minggu (12/6) sekitar pukul 23.00 WIB, pelaku berhasil diringkus di kediaman keluarganya.Setelah diringkus, sambung dia, hari ini (Senin 13/6) sekitar pukul 10.00 WIB, pelaku kemudian langsung diterbangkan ke Jakarta dan dititipkan di salah satu Markas Polsek di Jakarta Barat."Rencananya pelaku akan diterbangkan ke Pekanbaru dengan menggunakan pesawat hari ini pada pukul 17.00 WIB. Kita juga tengah bersiap menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II untuk menjemput pelaku tunggal pembunuh Lilis dan Tianova," kata AKP Besus.(egy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar