Selasa, 19 Juli 2011

Harga Bahan Pokok di Dumai Merangkak


DUMAI (VOKAL) -
Harga kebutuhan pokok di kota Dumai, menjelang puasa Ramadan terus mengalami kenaikan.

"Karena sudah dekat bulan Ramadan harga kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan. Untuk satu pekan terakhir, sejumlah komoditi, harganya terus bergerak naik" kata Hendra pemilik toko sembako di Pasar senggol, Selasa (19/7).

Hendra menyebutkan, untuk hari ini harga kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, telur, dan gula mengalami kenaikan. Meskipun tidak tinggi, masing-masing komoditi tersebut kembali naik Rp1000 sampai Rp1500 per kilogram.

Sementara itu, hingga dua pekan menjelang puasa, Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Dumai belum berniat melakukan operasi pasar. Kepala Disperindag kota Dumai Djamalus menuturkan alasan belum dilakukannya operasi pasar karena persediaan masih mencukupi.

Selain itu, papar dia, kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok masih dalam batas kewajaran. Namun pihaknya akan terus melakukan pemantauan ke pasar.

"Mungkin sampai Idul Fitri nanti, kami belum bisa pastikan akan melakukan operasi pasar karena persediaan barang masih bisa mencukupi. Sedangkan pemantauan akan kami lakukan setiap hari," ucapnya.

Apabila ada lonjakan harga diatas batas kewajaran, pihaknya akan segera menindaklanjutinya, salah satunya dengan cara menggelar operasi pasar.

"Meskipun ketersedian barang cukup, namun terjadi lonjakan harga yang tidak wajar, baru kita lakukan operasi pasar. Sebelumnya, kami berkoordinasi dengan pihak terkait," ungkapnya.

Pantauan Vokal di sejumlah pasar di kota Dumai Ketersediaan Sembako masih terlihat mencukupi, dan kenaikan harga tidak terjadi di semua barang kebutuhan pokok. Kenaikan terjadi pada harga beras biasa dijual bulan Juni Rp 6.500 per kilogram, bulan Juli naik menjadi Rp7.000 per kilogram, sedangkan dipasaran saat ini dijual Rp 8.000 per kilogram.

Beras kualitas dua harga rata rata Juni Rp 6.200 per kilogram, saat ini dijual Rp7.000 per kilogram.

Selain itu, daging ayam yang semula dijual Rp 22.000 ribu per kilogram naik menjadi Rp 24.000 ribu per kilogram dan dipasaran dijual Rp 26.000 ribu per kilogram. Untuk daging sapi harga Rp 58.000 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 60.000 ribu per kilogram. Telur ayam awal Rp 15.000 per kilogram, naik menjadi Rp 17.000 ribu per kilogram.(egy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar