Sabtu, 06 Agustus 2011

Minggu Pertama Puasa, Arus Lintasan Mudik Lancar

>> Terminal AKAP juga Belum Terjadi Peningkatan Aktifitas

DUMAI (VOKAL)
- Arus lalu lintas di kawasan Jalan Lintas Dumai Pekanbaru, Dumai Sei Pakning, Dumai – Bagan Batu, yang di setiap akhir pekan biasanya padat, pada minggu (7/8) ini amat lancar. Untuk menghormati bulan suci Ramadhan, sebagian besar rumah makan di kawasan itu baru buka pada sore hari, menjelang saat berbuka puasa.

Kendaraan dari arah Dumai ke beberapa kawasan di luar kota masih terlihat belum terjadi peningkatan, menurut Warga di pinggir jalan yang bermukim di pinggiran jalan lintas tersebut.

“biasanya juga kayak gini arus lalulintas di sini mas…, tapi biasanya hanya macet karena kerusakan jalan dan itu tidak berlangsung lama paling hanya beberapa menit saja.”kata Samsul, salah seorang yang bermukin di pinggiran jalan lintas Dumai-Duri kepada Vokal Minggu (7/8).

Pantauan Vokal di beberapa Jalan Lintas, terjadi Antrian panjang yang hampir selalu terjadi di setiap Jelang lebaran naum seminggu berjalan Ramadhan ini belum terjadi peningkatan kendaraan arus mudik yang melintas di jalan lintas Dumai.

Sedikit antrian memang terjadi di daerah langganan macet, yaitu Jalan Lintas Dumai- Duri, Namun, dalam antrian ini kendaraan tetap dapat berjalan merambat pelan dan lama antrian tidak sampai 10 menit.

Selain itu potensi kecelakaan di jalan lintas Dumai sedikit lebih besar, menurut warga kerap terjadi kecelakaan ketika pengendara menghindar dari jalan berlubang lalu tanpa di sengaja menyenggol kendaraan lain.

Di bulan Ramadhan ini, hampir semua warung dan rumah makan di kawasan Puncak juga tutup dan baru buka menjelang saat berbuka puasa. Hal ini antara lain terlihat di rumah makan Pondok Bambu, baru bukan pada pukul 16.30. Namun, supermarket di daerah itu masih tetap buka.

Puasa juga membuat sejumlah kawasan wisata di berbagai wilayah di kota Dumai, seperti Danau Bunga Tujuh, Pemandian Taman Ceria, Pemandian Simanalagi, dan Pelabuhan TPI, juga tampak lebih sepi jika dibandingkan hari biasa.

Selain tempat wisata kondisi terminal AKAP Dumai juga belum menunjukkan peningkatan aktifitas pengguna jasa angkutan untuk keluar kota maupun pendatang dari luar kota.

Kepala Terminal AKAP Dumai, Ramlan Siregar, kepada Vokal minggu (7/8) mengatakan,”sampai saat ini kondisi Terminal masih normal dan jelang lebaran ini belum terjadi peningkatan aktifitas pengguna jasa angkutan, “katanya.

Menurut Ramlan, lebaran ini di prediksi tidak jauh berbeda di banding tahun sebelumnya peningkatan itu terjadi ketika H-7 sebelum lebaran dan kembali pada H+7 juga kembali terjadi peningkatan aktifitas pengguna jasa angkutan umum, dan peningkatan tersebut di perkirakan hanya 25 % di banding hari biasanya seperti itu juga untuk tahun 2010 lalu.

“untuk mengantisipasi terjadi lonjakan penumpang nantinya kita minta pada para pengusaha jasa angkutan untuk mempersiapkan stok tambahan unit kendaraan bus pengangkut penumpang untuk mudik, dan sebanyak 2 dan 3 bus akan kita siagakan untuk mengatasi lonjakan penumpang nantinya.”jalas Ramlan.(egy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar